Kaltim Juara I Yoga Asanas Jambore Pasraman 2010


sarwe bhawantu sukinah,

sarwe santu niramayah,

sarwe badhrani pasyantu,

ma kascid dhuka bhagbawet.

(Ketua Pasraman Widya Buana, I Putu Wahyu Diantara,

Agnesia Novia T, Kadek Widhi Cahya Harum S.)

Jambore pasraman pertama tahun 2010 telah lewat namun semangat peserta para siswa pasraman tak pernah surut.

Hal inilah yang terlukis pada tiga  siswa pasraman Widya Buana Kota Bontang, I Putu Wahyu Diantara, Kadek Widhi Cahya Harum Sari, Agnesia Novia Tivani, setelah meraih juara I Yoga Asanas dalam jambore Pasraman Tingkat Nasional tahun 2010 pada tanggal 7 s.d 10 Agustus 2010. Tiga siswa pasraman Widya Buana yang mewakili Kalimantan Timur ini telah berlatih sejak lama bahkan hampir setiap dharma santih baik tingkat Kota maupun Provinsin  selalu tampil membawakan atraksi Yoga Asanas.

Kegigihan tiga siswa Pasraman Widya Buana ini,  akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan dengan meraih juara I Yoga Asanas, sekaligus satu-satunya medali yang dibawa kontingen Kalimantan Timur yang dipimpin langsung oleh Pembimas Hindu Kalimantan Timur Bapak A.A. Gde Raka Ardita. Dalam persiapan kontingen sejak bulan Juli 2010 beliau terjun langsung ke lapangan guna mengecek kesiapan peserta Jambore Tingkat Nasional, yang latihannya dipusatkan di Pura Buana Agung Kota Bontang. Peserta Jambore pasraman asal Kalimantan Timur berjumlah 12 masing-masing NI PUTU  LAKSMI CINTYA DEWI, PUTU KRISNA YUDANI, I PUTU WAHYU DIANTARA, AGNESIA NOVIA TIVANI, NI NYOMAN AYU PUTRI INTAN PERMATA SARI, PUTU SRI DEVI TARI, I GUSTI AYU ARISTI DHIKA PRANANI, I PUTU ARI GUNANTA, DANDA PRASNA SATWIKA, NI MADE AYU SUKMA ASRITYA, NI PUTU EKA AGUSTINA, siswa ditemani 4 official; I Gede Adnyana, Ibu Yatni Suri, Ibu Ida Ayu Ketut S., Ibu  Ni Nyoman Astini.

Ketiga siswa pasraman peserta Yoga Asanas ini memang telah terbiasa memimpin Yoga Asanas setiap hari Minggu, bahkan mereka sempat memberikan pelatihan Yoga Asanas di Kutai Timur atas permintaan tokoh umat Hindu Bapak Ngurah Ambara. Walaupun mereka sangat muda namun telah memiliki bakat dan kemauan keras untuk mendalami Yoga Asanas. Semua ini tidak lepas dari dorongan orang tua, dan dukungan tokoh masyarakat khususnya PHDI Kota Bontang yang memberikan perhatian cukup baik dibidang pendidikan.

Tokoh Hindu Bontang Bapak Ir. Ketut Rusnaya menyambut gembira prestasi ini dan berharap agar kegiatan pasraman Widya Buana ini bisa lebih baik. Rencana kedepan adalah bagaimana menyalurkan bakat siswa Pasraman ini agar dapat disalurkan dan dimanfaatkan bagi dunia pendidikan khususnya Yoga asanas. Salah satu yang menjadi kendala adalah guru Pasraman Widya Buana sendiri belum memiliki sertifikat instruktur Yoga sehingga secara legalitas belum dapat dipertanggungjawabkan sebagai pengajar Yoga Asanas, karena hanya belajar pada saat mengikuti perkuliahan di Universitas Hindu Indonesia Denpasar.

Ketua Pasraman Widya Buana, I Gede Adnyana, berharap agar pihak UNHI dapat memberikan solusi, dan secara pribadi telah ditanggapi positif oleh Bapak I Gst. Bagus Wirawan selaku Pembina Yoga Asanas di Unhi. Hal ini disampaikan ketika belaiu bertugas ke Samarinda dalam rangka ujian skripsi bagi guru-guru agama Hindu di Kalimantan timur pada tanggal 27 September 2010.

Melalui tulisan ini Ketua Pasraman Widya Buana mohon agar UNHI dapat menjadi salah satu Pembina Yoga di Bontang dan Kalimantan Timur pada umumnya, sehingga kedepan pembinaan Yoga memiliki gambaran, dan tujuan yang jelas dan lebih baik dari sebelumnya. Jika hal ini terwujud maka UNHI akan memilki jaringan Kelas Yoga yang berpusat diluar Bali. Semoga keinginan mulia guna membangun persahabatan melalui Yoga ini dapat terwujud. Kami menunggu jawaban dari UNHI.

Loka Samastha Sukino Bawantu

Om Santih, Santih, Santih Om

 

About these ads

Tentang vaprakeswara

guru Smpn 1 bontang hobi belajar...........
Tulisan ini dipublikasikan di artikel agama. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kaltim Juara I Yoga Asanas Jambore Pasraman 2010

  1. Ping balik: Rp 827 Juta Santunan Kematian Korban Laka KA Disalurkan | Indonesia Search Engine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s