KESAN PERTAMA TOKOH HINDU DAYAK KALTIM MASUK PURA


Berkunjung ke kota Bontang tokoh adat Dayak yang satu ini terlihat santai ketika pertama kali hadir dalam acara dialog bersama tokoh Hindu Dayak Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Kota Bontang pada  tahun 2009 yang lalu.

Dalam dilaog yang berlangsung selama 3 jam yang di hadiri beberapa tokoh dayak antara lain Tiwi Etika, Yulianson dan Pak Tenkan, terdapat satu pemahaman baru tentang bagaimana keinginan masyarakat Hindu Dayak yaitu yang menginginkan adanya pembinaan yang tentunya menuntun mereka untuk lebih mencintai dan bangga akan agama yang di anutnya. Untuk tempat suci Hindu belaiu menginginkan agar di bangun Balai Basarah seperti di Kalimantan Tengah. “Semoga segera terealisasi atas bantuan bapak-bapak yang ada di sini!”.  Demikian permohonan Pak Tenkan

Cukup mengejutkan karena tokoh yang satu ini tidak pernah pindah agama dari Hindu Kaharingan walaupun baru pertama menginjakkan kakinya di Pura, yaitu ketika diundang ke Pura Buana Agung bontang. Ketika ditanya apa kesan bapak ketika pertama masuk pura? jawabannya singkat: “Biasa Saja”. Jawaban ini sontak membuat peserta dialog tertawa dan rasa kantukpun hilang. Pertanyaan dan jawaban kocak seperti ini banyak terjadi sepanjang dialog berlangsung yang dipandu oleh Bapak Ir. Ketut Rusnaya dan I Gede Adnyana, S.Ag.

Guna melakukan pembinaan terhadap umat hindu dayak baik yang ada di Paser maupun di Kutai Barat PHDI Kota bontang mencanangkan memberikan beasiswa bagi pemuda Hindu Dayak untuk melanjutkan studi perguruan Tinggi Agama Hindu dalam tahun 2010 ini.

One thought on “KESAN PERTAMA TOKOH HINDU DAYAK KALTIM MASUK PURA

  1. Hindu sangat universal. Biarkan saudara kita di Kalimantan menggunakan cara dan budayanya sendiri dalam menyampaikan kasih dan cintanya kepada Tuhan. Yang terpenting kita tetap mendukung dalam naungan Veda, bukan lontar-lontar dari Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s