MIMBAR AGAMA HINDU

MIMBAR AGAMA HINDU pada halaman ini anda dapat mendownload pilihan mimbar yang sesuai dengan materi yang anda inginkan. Vaprakeswara memberikan secara gratis free teks mimbar agama hindu. Kami juga mohon agar rekan-rekan dapat menymbangkan teks mimbar agama Hindu yang akan kami pajang sebagai koleksi. Semoga sumbangan kecil ini bermanfaat bagi pembinaan umat Hindu. Jika anda ingin download materi yang ada maka anda harus terdaftar terlebih dahulu di dockstok setelah itu anda dapat mendownload materi secara free, dan file sebagi besar dalam bentuk dockumen yang dapat anda edit untuk kepentingan saudara umat sedharma.

1. “SARASWATI  DYANAM” MENJALANI HIDUP DENGAN BIJAKSANA

  • Dengan Saraswati Dhyanam kita diajak merenungkan secara mendalam dalam diri kita yang sejati dengan keheningan. Jika perayaan tahun baru saka kita diajak berhenti berkatifitas secara total, maka pada saat Sarawati kita ajak untuk melakukan bratha Sarasawati, yaitu tidak membaca minimal selama setengah hari dari pagi sampai tengah hari. Waktu ini dimanfaatkan untuk merenung seberapa dalam, seberapa kuat kita meraih pengetahuan sebagai pencerahan.
  • Tanyakan pada diri kita apakah kita sudah bijaksana dalam mengarungi kehidupan ini laksana angsa? Apakah kita terus belajar agar lebih baik laksana genitri? Apakah kita berusaha meraih kesucian hidup laksana teratai? Apakah kita telah menekan sifat ego kita laksana merak? Apakah kita mengamalkan ajaran pengetahuan yang kita peroleh laksana keropak? Apakah  telah membuat diri kita berguna dan menrik bagi kehidupan ini laksana dewi yang cantik?

Donload link SARASWATI  DYANAM

 

http://viewer.docstoc.com/
SARASWATI mimbar 2

2. BANTEN NYEPI UNTUK RUMAH TANGGA


Setelah menghaturkan tawur didepan rumah kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi rumah dengan membawa obor, sembar mesui, dengan puja penolak bala.

Setelah selesai ngerupuk maka setiap keluarga diharapkan dapat natab byakala (meminimalkan kekuatan negatif dalam diri), sesayut lara melaradan (mengusir penyakit) dan prayascita (menjadikan pikiran suci)  atau sekurang-kurangnya melukat dan mebersih, yang semuanya dilakukan dihalaman rumah.

Iti Sundarigama ngaran maka drestaning pakertigama, ling ira Sang hyang Suksma licin, ring sawateking purohito kabeh, maka drestaning praja mandala, wenang linaksanan, dening wang saprajamandala kabeh, lamakna dresta praja Sri Aji, tekeng jagat hitania, apania, prakrti iki, suksma, uttama dahat.

(Inilah Sundarigama namanya, yang merupakan tatacara yang dibenarkan dalam melaksanakan ajaran Agama, dari sabda Sang hyang Sukma licin, kepada para Rsi semuanya, sebagai pelaksana tata cara keagamaan di wilayah suatu negara, dan yang patut dilaksanakan oleh masyarakat sewilayah bersangkutan semuanya, dengan tujuan agar tentramlah negara dan pemerintahan, demikian pula sejahteralah rakyatnya, sebab tatacara yang demikian itu adalah suci dan sangatlah utamanya.

Donload link BANTEN NYEPI UNTUK RUMAH TANGGA


3. TUJUAN UPACARA MELASPAS & PIODALAN

Bandhu & Molik

Tujuan upacara melaspas adalah untuk membersihkan semua pelinggih dari kotoran tangan undagi (para pekerja bangunan), agar para dewata berkenan melinggih di pura ini setiap saat terutama pada waktu puja wali. Secara Niskala untuk membersihkan kotoran ini digunakan sarana Caru atau petuntuk Sulinggih. Sesuai dengan hasil keputusan seminar kesatuan tafsir terhadap aspek-aspek agama Hindu, maka yang dimaksud dengan piodalan adalah upacara pemujaan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan segala manifestasi-Nya lewat sarana Pemerajan, Pura, Kahyangan dengan ngelinggayang atau ngerekayang (ngadegang) dalam hari-hari tertentu.

Donload link  TUJUAN UPACARA MELASPAS & PIODALAN


4. OLAHAN CARU MANCA SATO

Berikut adalah bagan olahan cari sederhana yang disarikan dari dharma caruban, kurang lebihnya adalah karena interpretasi yang berbeda

Donload link OLAHAN CARU MANCA SATO

 

 

5. PRANI

Prani dalam kamus sansekerta artinya hidup. Kekuatan hidup (badan) ini  bersumber dari makanan. Tidak akan ada badan jika tidak ada makanan (lihat pengantar Sarasamuscaya). Lebih dalam lagi menghaturkan prani artinya mempersembahkan hidup ini kepada Sang Hyang Widdhi. Dengan mempersembahkan hidup ini kepada Sang Hyang Widdhi kita akan memperoleh kekuatan hidup.

Donload link PRANI

6. Rantai Karma Phala dan Punarbhawa


Karma phala jelas sangat memiliki kaitan dengan punarbhawa, karena punarbhawa itu sendiri sering disebut dengan samsara, yang artinya penderitaan, sedangkan secara harfiah punarbhawa berarti kelahiran yang berulang-ulang, yang disebut juga penitisan kembali (reinkarnasi).  Kelahiran yang berulang-ulang ini membawa akibat suka dan duka. Samsara atau Punarbhawa ini terjadi oleh karena Jiwatman masih dipengaruhi oleh kenikmatan, dan kematian akan diikuti oleh kelahiran”. Pengaruh hukum ini pulalah yang menentukan corak serta nilai dari pada watak manusia. Hal ini menimbulkan adanya bermacam-macam ragam watak manusia di dunia ini. Terlebih-lebih hukuman kepada Atman (roh) yang selalu melakukan dosa semasa penelmaannya, maka derajatnya akan semakin bertambah merosot. Hal ini disebutkan dalam Weda sebagai berikut:

“Dewanam narakam janturjantunam narakam pacuh,
Pucunam narakam nrgo mrganam narakam khagah,
Paksinam narakam vyalo vyanam narakam damstri,
Damstrinam narakam visi visinam naramarane.” (Clokantara 40.13-14)
Dewa neraka (menjelma) menjadi manusia. Manusia neraka (menjelma) menjadi ternak. Ternak menjadi binatang buas, binatang buas neraka menjadi burung, burung neraka menjadi ular, dan ular neraka menjadi taring. (serta taring) yang jahat menjadi bisa (yakni) bisa yang dapat membahayakan manusia.

Donload link Rantai Karma Phala dan Punarbhawa

 

7. AKTUALISASIKAN AJARAN TRI HITA KARANA GUNA MENGHADAPI DAMPAK KRISIS FINANSIAL GLOBAL


Istilah Tri Hita Karana pertama kali muncul pada tanggal 11 Nopember 1966, pada waktu diselenggarakan Konferensi Daerah l Badan Perjuangan Umat Hindu Bali bertempat di Perguruan Dwijendra Denpasar. Konferensi tersebut diadakan berlandaskan kesadaran umat Hindu akan dharmanya untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa menuju masyarakat sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Kemudian istilah Tri Hita Karana ini berkembang, meluas, dan memasyarakat.

Donload link AKTUALISASIKAN AJARAN TRI HITA KARANA GUNA MENGHADAPI DAMPAK KRISIS FINANSIAL GLOBAL


8. SIWA TATTWA

Indram Mitram Varuna Agni ahur atho divyah sasuparno garutman, Ekam sad vipra bahudha vadhantyagnim yamam matarisvanam ahuh.

Artinya:

Mereka menyebutkan Indra, Mitra, Varuna, Agni, dan dia yang bercahaya yaitu Garutman yang bersayap elok.

Satu itu (Tuhan) sang bijaksana menyebut dengan banyak nama seperti Agni, Yama, Matarisvan.

Dalam komentarnya tentang Dewa-Dewa Drs. I Gede Sura memberikan kesimpulan yang sangat kuat yang dapat dijadikan kesimpulan. Dewa merupakan perwujudan Sang Hyang Widhi Wasa atau manifestasi dari Yang Maha Tunggal.

Demikian pula Sri Aurobindo memaparkan tentang nama Dewa dengan tafsiran yang menkajubkan; Agni berarti Tuhan yang Maha Mengetahui dan yang sangat dimuliakan; Indra berarti Tuhan Yang Maha Cemerlang; Soma sebagai tuhan yang layak kita cintai, dan kita abdi; Varuna adalah Tuhan Yang Maha Adil, Maha Mulia; Savita, Tuhan Sang Pencipta; Visnu, Tuhan Maha Ada; Pusan, Tuhan sebagai pemelihara; dan Marut adalah nafas vital.

Donload link SIWA TATTWA

9. Tumpek Wariga, Hari Pelestarian Lingkungan Hidup


TUMPEK Bubuh, disebut juga Tumpek Wariga, Tumpek Pengatag, dan Tumpek Panguduh (Uduh) jatuh pada Sabtu Keliwon wuku Wariga, jatuh setiap 6 bulan atau 210 hari sekali tepatnya setiap sabtu kliwon wuku wariga. Filosofi di balik upacara ini adalah merupakan penghormatan umat Hindu terhadap tumbuh-tumbuhan. Adapun sumber pelaksanaan dari hari tumpek wariga adalah Lontar Sundarigama. Di India ada perayaan serupa dengan nama Sangkara Puja.

Donload link Tumpek Wariga, Hari Pelestarian Lingkungan Hidup

 

10. NARKOBA MENURUT PANDANGAN HINDU


•WISADA ADALAH PERBUATAN YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI SAD ATATAYI. MERACUNI DIRI SENDIRI ATAU ORANG LAIN BERARTI MELAKUKAN SALAH SATU PERBUATAN SAD ATATAYI ATAU TERGOLONG KEDALAM PEMBUNUHAN KEJAM
•MERACUNI TUBUH DENGAN NARKOBA BERARTI MENGHALANGI KEGUNAAN TUBUH SEBAGAI SARANA BERBUAT BAIK.
•MANUSIA ADALAH KESATUAN JIWA, PIKIRAN DAN TUBUH(SOUL, MIND, BODY)

11. PENGANTAR KEDALAM MAHABHARATA

Mahabharata adalah sebuah karya sastra kuno yang konon ditulis oleh Begawan Byasa atau Vyasa dari India. Buku ini terdiri dari delapan belas kitab, maka dinamakan Astadasaparwa (asta = 8, dasa = 10, parwa = kitab). Namun, ada pula yang meyakini bahwa kisah ini sesungguhnya merupakan kumpulan dari banyak cerita yang semula terpencar-pencar, yang dikumpulkan semenjak abad ke-4 sebelum Masehi.

Donload link PENGANTAR KEDALAM MAHABHARATA

 

12. SARASWATI PUJA DAN MASYARAKAT MODERN

  • Di India Sarasawti di puja sebagai dewi pengetahuan, kesuburan, kemakmuran, bahkan dipuja sebagai sungai suci. Perayaan Saraswati Puja Vaipu, tepatnya pada saat Mahanavami pada hari kesepuluh.
  • Di Indonesia Perayaan Saraswati jatuh pada setiap Saniscara umanis, watu gunung. Hal ini berarti bahwa perayaan saraswati berinteraksi dengan Local Genius masyarakat Indonsia.

13. Manusia Mahardika

Dalam Nitisastra tersebut dinyatakan bahwa barang siapa yang tidak mabuk oleh Sapta Timira itu dialah orang disebut ”Sang Mahardika” atau orang yang merdeka dan dapat dijadikan ”Pinandita”.  Sang mahardika adalah orang yang utama karena dapat membebaskan diri dari tujuh macam kemabukan antara lain:

DOWN LOAD MANUSIA MAHARDIKA

 

14. NILAI-NILAI UNIVERSAL HINDU DALAM MAHABHARATA BAGIAN I

1. Saat ini kisah klasik seperti Mahabharata dan Ramayana tidak begitu banyak dikenal orang. Mohon diceritakan sekilas tentang Mahabharata agar masyarakat bisa mengingat kembali kisah yang sudah tua ini!

a. Mahabharata adalah sebuah kisah kepahlawanan/epos yang mengisahkan peperangan antara Pandawa melawan Kaurawa, dimana kemenagan akhirnya berpihak pada Pandawa.

b. Mahabharata terdiri dari 18 parwa atau buku sehingga sering disebut astadasaparwa yang dususun oleh Rsi Wiyasa.

2. Apakah Mahabharata merupakan bagian dari pustaka suci Hindu sehingga perlu kita ulas secara mendalam?

a. Mahabharata adalah salah satu bagian dari Veda Smerti yaitu itihasa yang artinya demikianlah kejadiannya sesungguhnya.

b. Sebagai bagian dari Veda Smerti ia memilki kedudukan penting karena didalamnya memuat ajaran Agama Hindu terlebih lagi terdapat Bhagawad Gita dalam Bisma Parwa. Karena itu jelas bahwa Mahabharata bagian dari pustaka suci Hindu yang jumlahnya amat banyak.

DOWN LOADNILAI-NILAI UNIVERSAL HINDU DALAM MAHABHARATA BAGIAN I

DOWN LOADNILAI-NILAI UNIVERSAL HINDU DALAM MAHABHARATA BAGIAN II

 

15. TEPUNG TAWAR BAGI PARA PEMIMPIN BANGSA

Tepung tawar merupakan salah satu sarana upacara adat yang masih terjaga hingga kini. Karena demikian pentingnya unsur tepung tawar ini dalam setiap upacara adat, maka Tradisi matepung (bertepung) tawar sejak zaman dahulu telah menjadi tradisi Nusantara yang berlangsung bahkan mungkin sebelum kedatangan Hindu di Nusantara.

DOWN LOAD TEPUNG TAWAR BAGI PARA PEMIMPIN BANGSA

 

 

Saraswati Puja Dan Masyarakat Modern

7 Balasan ke MIMBAR AGAMA HINDU

  1. IlleliMix berkata:

    This is actually a really wonderful blog. Thx towards auther i couldn’t undertake it.. i need to do it: /im trying at my photos.. is generally there any training video shoes the way you can make similar to this? Just like secretly knowing the result to any question irrespective it will be and allowing someone expound for the incorrect result for a few minutes while inwardly grinning when you feel brilliant. No should rub the item in or maybe anything, just knowing you have done much better is good enough.
    [url=http://www.vaporizersftw.com]more info[/url]
    I think a huge area of the “problem” (cause) this specific happens in different field is definitely that many people are perfectly articles believing exactly what they hear from them hairdresser. I speak to perfectly bright people daily who price things I recognize to become completely false, but that they heard the idea from someone they frequently know, trust, or not less than perceive not to be laying. You tend to be completely correct that the “industry” features simply abdicated the function to be the responsible expert in the field to help folks including Zillow. Zillow (and others) stepped up, and flooded the online world with data. But, here may be the great chance of social media. It provides re-opened the entranceway to allow for individuals (and also savvy institutions) for you to re-assert themselves while in the minds of folks supplanting the actual hairdressers and pr executives. Please, can we all, as an industry, walk throughout the door this occassion? Stop with the “call 100 men and women a day” short-term mentality plus really study the required steps to raise ourselves to how much professionalism we along with the consumer ought to have. I count on purchasing NYX lime concealer regarding correcting my own hyperpigmentation difficulties. sounds for instance youre your chubby youngster.
    home

  2. Gerceirmhex berkata:

    do you may have twitter or facebook; I want to be your enthusiasts in urgent. 2 oh this gosh im some of those ppl i really do that all the time to my own bffs five no reason whatsoever
    [url=http://magicmeshcurtain.org/the-all-new-magic-mesh-curtain/]great site[/url]
    magic mesh curtain
    Aw, this was quite a quality posting. In theory Let me write like this also consuming time as well as real effort to have a good posting… but exactly what do I express… I waste time alot without seem to acquire anything accomplished… Regards Did you know they essentially sell two times yolked ova? I purchased some in a country store once. They were made doing this on intent! It had been pretty magnificent though!

  3. cheap viagra berkata:

    Its fantastic as your other blog posts : D, thanks for posting . “The squeaking wheel doesn’t always get the grease. Sometimes it gets replaced.” by Vic Gold.

  4. recover files berkata:

    I conceive you have noted some very interesting points , regards for the post.

  5. You’re so interesting! I do not suppose I have read through a single thing like that before. So wonderful to discover someone with a few genuine thoughts on this issue. Really.. many thanks for starting this up. This web site is something that’s needed on the web, someone with some originality!

  6. http://bing.com berkata:

    I desire to bookmark this blog, “MIMBAR AGAMA HINDU
    | Vaprakeswara’s Blog” on my own internet site. Would you care in case I reallydo it? Thx -Hester

  7. Chasity berkata:

    “MIMBAR AGAMA HINDU | Vaprakeswara’s Blog” blackout blinds actually got myself simply addicted on your blog! I reallywill probably be returning even more often. Thank you ,Sommer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s